Tips Merawat Karet Kaca Mobil

Badan Meteorologi dan Geofisika menyebutkan badai Nicholas yang sampai pekan lalu jalan-jalan di sekitar wilayah Australia berpotensi memperparah musim hujan di wilayah Indonesia.

Selain meningkatkan kewaspadaan dan rajin melakukan pengecekan kondisi kendaraan, ada baiknya Anda tak lalai memerhatikan kondisi karet list kaca pada pintu mobil Anda.

Karet yang berfungsi mencegah menyusupnya air hujan yang bersifat asam ini, jika lalai diperhatikan bisa mengeras dan getas. Akibatnya, pori-pori mulai terbentuk sehingga air hujan menyusup ke dalam ruang pintu.

Air hujan yang masuk bisa membuat power window kelabakan karena asam yang ada dalam air hujan bisa menimbulkan karat pada komponen logam regulator power window.

Karat membuat power window dipaksa bekerja berat. Gejala awalnya kaca naik atau turun ndut-ndutan kurang lancar dan jika sudah parah, kaca benar-benar macet meski tombol power window dipencet dengan emosional.

Untuk mencegah hal ini terjadi, cara termudah tentu saja melakukan penggantian karet list kaca apabila karet tersebut sudah mengeras dan rusak.

Cegah korosi

Untuk mencegah proses timbulnya karat, sering-seringlah mengoperasikan power window. Tentu saja pada kaca jendela pintu depan ataupun belakang. Pengoperasian ini dapat meminimalkan proses korosi.

Hanya jika power window terlanjur macet mau tak mau Anda harus sedikit bongkar-bongkar pintu untuk membersihkan karat dan melumasi power window Anda. Paling baik dilakukan rutin setiap enam bulan sekali.

Namun ingat, meski sederhana namun banyak baut yang bikin pusing sebelum Anda bisa menyentuh power window. Urutannya mulai dari membongkar door trim, membuka tuas pemutar kaca, mencopot sakelar power window hingga membersihkan dan melumasi logam yang berkarat.

Langkah pertama siapkan perkakasnya a.l. berbagai jenis dan ukuran obeng, kuas, gemuk, dan pelumas model spray seperti WD-40 yang ‘sakti’ menundukkan karat.

Buka trim pintu dengan posisi kaca sudah diturunkan, lalu buka baut handle pintu. Cungkil panel pintu dengan obeng minus, dan jangan lupa copot sakelar power window. Bersihkan karet list kaca. Bisa digunakan kuas, busa dan sabun. Keringkan dan bersihkan dengan lap.

Bersihkan regulator power window dan oleskan gemuk begitu juga gigi penggerak motornya. Spray pembersih bisa digunakan untuk melunturkan karat sebelum dilakukan pembersihkan dan pengolesan gemuk.

Selanjutnya lakukan pemasangan kembali, namun sebaiknya serahkan penanganan power window macet kepada ahlinya.

About these ads

Komentar ditutup.