Tips Agar Segar dan Wangi Saat Berlebaran

Aroma tubuh yang keluar melalui keringat akibat udara panas dan lembab seringkali menimbulkan ketidakpercayaan diri pada seseorang. Pasti kamu tidak ingin di hari raya Lebaran nanti, aroma tubuh kurang sedap terkuak saat kamu bersilahturahmi dengan para kerabat.

Untuk menghilangkan aroma tubuh yang kurang sedap, parfum bukanlah satu-satu jalan keluarnya lho. Karena kamu harus merawat tubuh agar aroma segar keluar dari tubuh anda dan muncullah rasa percaya diri.

Bermandikan parfum ataupun berendam dalam bathtub bersabun wangi bukanlah solusi yang tepat untuk mengatasinya. Jadi kamu harus pahami seluk beluk merawat tubuh agar selalu tercium keharuman yang segar alami. Keringat yang keluar dari tubuh awalnya tidak berbau. Akan tetapi ketika terjadi pembiakan bakteri, keringat berubah menjadi beraroma tidak sedap atau Bau Badan.

Selain bakteri, ada beberapa faktor lain pun juga bisa menimbulkan Bau Badan, antara lain kebiasaan makan makanan seperti petai, bawang putih atau makanan yang mengandung alkohol. Gangguan fungsi organ ginjal atau hati pada stadium lanjut akan berdampak pada produksi keringat oleh kelenjar Ekrin. Selain itu stres juga kondisi yang memacu produksi keringat, sebab kelenjar Ekrin dan Aprokin menjadi lebih aktif.

Untuk menjaga tubuh agar senantiasa segar dan bebas dari aroma tidak sedap adalah kurangi makanan pedas. Biasakan diri anda untuk mengkonsumsi makanan yang memenuhi 4 sehat 5 sempurna dan jangan terlalu banyak memasak dengan rempah-rempah.

Mandilah 2 kali dalam sehari. Kenakan busana yang tidak terlalu ketat agar sirkulasi udara mengalir lebih baik. Sesudah berolah raga, biasakan untuk mandi. Sebelumnya minumlah air mineral secukupnya dan sesudahnya lakukan pendinginan.

Cukurlah bulu ketiak secara teratur. Untuk mencegah berkembangbiaknya bakteri, gunakan deodoran 12 jam setelah pencukuran, agar kulit tidak iritasi. Gunakan deodoran atau anti perspirant setelah mandi pada lipatan-lipatan tubuh yang sering mengeluarkan keringat.

Bagi kamu yang sering mengenakan sepatu tertutup, cobalah untuk mengenakan deodorant pada kaki sebelum menggunakan sepatu. Sesering mungkin, lepaslah sepatu saat kaki berkeringat. Gunakan sabun antiseptik, terutama untuk daerah-daerah tubuh tertentu seperti dibawah lengan serta organ intim. Selamat mencoba…

Sumber: rileks.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s