Tips Berbelanja dengan Si Kecil

Bagaimana mencegah si Kecil hilang saat Anda berbelanja bersama? Dan langkah apa yang harus dilakukan jika hal ini terjadi?Terkadang disaat Anda asyik berbelanja di mall, di pasar maupun pusat-pusat perbelanjaan lainnya, dalam hitungan beberapa detik, Anda baru sadar si Kecil hilang. Biasanya Anda akan panik dan kawatir terjadi apa-apa dengan Si Kecil dan bahkan Anda akan mengira si Kecil diculik. Taukah Anak Anda apa yang harus dilakukannya?

Berbelanja dengan anak-anak bisa menjadi pengalaman yang menakutkan, melalui survey 7 dari 10 anak biasanya menghilang paling sedikit sekali dalam hidupnya dan para orang tua biasanya melapor bahwa tempat yang paling sering terjadi kehilangan Anak adalah mall.

Bagaimana jika hal ini terjadi pada Anda dan si Kecil?

Meskipun hal ini biasa terjadi, kebanyakan orang tua tidak tau apa yang harus dilakukannya. Ketika si Kecil menghilang, bisa saja dia terluka, trauma atau yang kemungkinan yang paling parah yaitu diculik oleh orang asing. Namun ada beberapa tips sederhana yang Anda bisa terapkan disaat Anda berbelanja dengan si Kecil di pusat-pusat perbelanjaan.

  • Biarkan si Kecil membawa telepon selular (HP) Anda yang lain namun Anda bisa menaruhnya di tempat yang sangat aman yang tidak mengundang bahaya, yaitu bisa di dalam jaket, di dalam tas dan tempat-tempat aman lainnya. Hal ini bisa memudahkan orang dewasa lain untuk dapat menghubungi maupun dihubungi disaat Anda dan Si Kecil terpisah. Jangan andalkan si Kecil untuk dapat menghapal nomor telepon rumah walaupun Anda yakin mereka bisa. Karena hal ini dapat membiarkan Anda membuang waktu dengan mengecek voicemail telepon rumah Anda. Dengan melakukan sambungan telepon langsung ke telepon selular (HP), dapat mempercepat Anda untuk menemukan keberadaan si Kecil. Ajarkan juga si Kecil cara menggunakan telepon selular dengan cara yang aman dan tidak mengundang bahaya.
  • Ajarkan si Kecil untuk mencari ibu-ibu yang lain untuk mencari bantuan. Ibu-ibu sangat mudah ditemukan di dalam pusat perbelanjaan dan mall, dan biasanya mereka sangat senang untuk membantu anak-anak yang kehilangan didalam pusat perbelanjaan. Bahkan anak berumur 2 tahun pun sudah dapat mengenali ibu-ibu yang lain. Anda juga bisa mengajarkan si Kecil mencari spot-spot dimana biasanya tempat ibu-ibu berada.
  • Pakaikan si Kecil dengan baju yang berwarna terang. Dengan baju berwarna terang ini, Anda akan dengan mudah mencarinya walaupun dalam keadaan ramai sekalipun. Dan juga, dengan memakaikan baju berwarna terang ini kepada si kecil, akan memudahkan untuk mendeskripsikan kepada orang lain, baik itu penjaga toko, staff small dan petugas-petugas lainnya.
  • Hubungi petugas terdekat jika si Kecil menghilang, atau langkah awal hubungi bagian informasi dengan mendefinisikan bagaimana ciri-ciri Anak anda dan baju yang dikenakan. Jangan lupa untuk menyimpan foto terbaru si Kecil di dompet, jika si kecil hilang, foto dapat menjadi petunjuk yang cukup efektif untuk pencarian.

Sumber: kafebalita.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s