Tips Memilih Flashdisk

Pada saat ini flash disk menjadi tren sebagai media penyimpanan data yang paling efektif, efisien dan mampu menghilangkan fungsi disket yang mampu bertahan sekian tahun sebagai media penyimpan data yang paling mudah dan efektif. Tak heran jika produsen flash drive sangat berkembang bak jamur di musim hujan, dari kapasitas yang bermacam tak luput pula bentuk yang aneh dan unik yang tentunya hal ini untuk menarik perhatian konsumen agar tertarik memilikinya. USB flash disk memang mempunyai banyak keunggulan dibandingkan dengan media penyimpanan data lainnya, kapasitasnya yang lebih besar juga bentuknya yang kecil, ringan hingga bisa dimasukkan ke dalam saku.

Yang paling wahid adalah keamanan, mengapa ? karena keamanan memang cukup penting, karena data-data yang tersimpan dalam flash disk bisa pastinya data penting. Untuk itu sebaiknya pilihlah flash disk yang mempunyai chip pengontrol dalam setiap unitnya. Chip pengontrol akan memungkinkan user untuk menginstall usb flash disk dengan berbagai macam software portabel, seperti: Security Software, File Syncronization, de el el….

Yang kedua adalah Kecepatan transfer data. Mengcopy dari dan ke flash drive pasti sering kita lakukan bahkan hampir tiap kita menggunakan removable ini, karena memang itu tujuan media penyimpanan ini diciptakan. Kecepatan transfer akan menjadi sangat penting mengingat sekarang kapasitas flash disk sudah relatif besar. Saat ini USB versi 2.0 adalah versi terbaru. Dengan teknologi saat ini, pastikan usb flash disk yang anda beli adalah High Speed Usb 2.0 Flash Disk.

Yang ketiga masalah Garansi, Produsen atau Toko terkadang menghalalkan segala cara agar barang penjualannya laris, Jangan terkecoh dengan garansi yang diberikan oleh produsen atau toko penjual sub flash disk tadi, karena usb flash disk ini mempunyai masa pakai (Ingat semua benda yang di pakai pasti memiliki masa aus. Masa pemakaian rata-rata dari sub flash disk adalah 2-3 tahun. Setelah itu pengguna biasanya membutuhkan usb flash disk dengan kapasitas yang lebih besar, karena harga usb flash disk biasanya lebih murah dengan kapasitas yang makin besar ketimbang size yang lebih kecil. Hal itulah yang menjadi dasar untuk mengatakan bahwa masa garansi selama 2-3 tahun adalah lebih cukup untuk flash disk.

Yang keempat adalah disain model dari usb flash disk itu sendiri, karena kita memiliki keinginan tang berbeda dari segi physically kan? yang lebih baik tentunya bukan hanya dari segi physically nya saja, namun kita juga mesti pertimbangkan juga tentang kelengkapan packet yang ada, apakah ada tali sebagai gantungannya, apakah ada cd drivernya (meskipun win95, win98, win2000 sudah masuk museum, atau software all driver USB drive sudah tinggal download) kemudian bagaimana dengan kabel datanya, apakah ada?

Yang Kelima, nah ini juga penting, biasanya kalimat ” Murah Meriah” jarang sekali bisa kita dapatkan baik berupa barang ataupun jasa, karena produsen tentu lebih mengerti berapa modal yang dibutuhkan dan berapa keuntungan yang akan mereka inginkan, dari situlah mereka menentukan harganya. ” Barang Bagus Harga Bagus” mungkin ini kalimat yang tepat, dalam arti kata suatu barang yang bagus biasanya harganya mahal sesuai kehandalannya.

Yang Keenam, Anda mesti pertimbangkan kapasitas berapa yang ingin anda miliki tentunya sesuai kegunaan, ingat sekali lagi kapasitas besar belum tentu lebih baik, karena harus perhatikan point yang ketiga. Sayangkan kalau kita sudah beli terus kita beli lagi karena kapasitas yang kurang. Kalau saran kami ya beli yang kapasitas 2 GB saja, itu sudah lebih dari cukup dan dirasa ideal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s