Tips Mencegah Karat pada Mobil

Waspada, mungkin itu merupakan kata yang tepat untuk menghadapi wabah yang satu ini. Karat merupakan proses alamiah secara mendasar yang mengenai bagian benda yang mengandung unsur logam khususnya besi apapun wujud bendanya.

Body mobil, bila tidak terawat baik, sangat rentan terhadap karat. Memang kita tidak dapat menghilangkan karat yang terjadi akibat proses alami, tetapi setidaknya kita dapat memperlambat proses pengkaratan dengan cara pengecekan pada mobil secara berkala.

Karat terjadi karena unsur logam besi bersentuhan dengan air yang mengandung zat asam. Semakin dibiarkan air menempel pada besi semakin banyak pula zat asam bereaksi terhadap besi yang menjadikan karat. Hal seperti ini biasanya terjadi dalam kehidupan sehari-hari, seperti ketika anda menyuci mobil, atau anda melewati genangan air, atau ketika hujan turun. Apabila anda membiarkan air menumpuk pada body mobil yang tidak terlindungi cat berarti anda sama dengan membiarkan luka pada mobil anda.

Beberapa pencegahan yang dapat anada lakukan sebelum “penyakit” itu datang sebaiknya anda melakukab beberapa tips berikut :

1. Perhatikan cat body mobil anda
Bila anda menemukan area dimana cat mobil anda mengelupas atau retak, segeralah ambil tindakan agar karat tidak timbul pada area tersebut.

2. Disiplinkan anda dalam merawat mobil
Cuci mobil anda secara teratur, anda dapat melakukannya sendiri minimal seminggu sekali. Anda perlu mencuci mobil anda minimal 2 minggu sekali untuk ke pencucian mobil dan mendapatkan penyemprotan dengan air bertekanan (cuci steam) lakukan pembersihan di kolong mobil.

3. Pasang aksesoris pencegah karat
Pasanglah berbagai macam aksesoris untuk mencegah karat, seperi penahan lumpur (mud flaps pada semua spatbor), pasang karpet yang terbuat dari plastik atau karet untuk melindungi rembesan basah di dalam mobil, dsb.

4. Perhatian bagi anda yang beraktivitas dekat pantai
Bagi anda yang beraktivitas di daerah pantai, harus selalu memperhatikan mobil anda , karena air yang bercampur dengan garam lebih berbahaya daripada air yang mengandung lumpur atau air saja. Air yang mengandung garam dapat membuat karat pada besi bisa terjadi dalem hitungan jam. Perhatikan dan usahakan mobil selalu bersih dan kering saat parkir di garasi, upayakan jangan ada air garam yang menempel pada bagian mobil anda.

5. Segera melakukan Tindakan
Apabila melalui genangan atau turun hujan, sebaiknya anda segera membersihan dan mengelap bagian yang terkena air sebelum air dan kotoran menumpuk pada bagian mobil anda. Bila mendapati mobil berkarat, jangan menunda lagi untuk memperbaiki. Segera ke bengkel untuk melakukan perbaikan.

Anda bisa saja memperbaiki sendiri gejala karatan pada body mobil anda, tetapi kami menyarankan untuk menyerahkannya ke bengkel agar penanganannya professional. Tetapi bila anda memutuskan untuk mengerjakannya sendiri, berikut quick tipsnya:

*

Lakukan lokalisasi area karat dengan menhancurkan bagian yang mulai mengelembung yang diakibatkan karat.
*

kemudian lakukan hingga ke bagian yang belum terjangkiti karat.
*

Biarkan bagian itu berlubang sampai benar-benar kering
*

Isi lubang tersebut dengan dempul dan ratakan sesuai dengan lekuk mobil
*

Ampelas halus bagian yang baru saja anda dempul
*

Lapisi dengan cat baru.

Saat ini di pasaran banyak diperdagangkan cat dalam botol kecil seperti cat kuku. Memang cat ini ditujukan untuk perbaikan cat pada area kecil. Anda dapat membelinya di toko cat mobil.

Kalau karat sudah melebar dan banyak sebaiknya anda segera ke bengkel untuk mendapatkan penanganan yang baik.

Sumber: situsotomotif.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s