Tips Menggunakan Kondom

Salah satu metode kontrasepsi atau Kb yang sering digunakan adalah Kondom. Apakah kondom cukup aman dan efektif dalam mencegah kehamilan? Dan adakah tips pemakaian kondom biar lebih aman?

Kondom adalah suatu metode kontrasepsi yang bekerja dengan cara mencegah sperma bertemu dengan sel telur sehingga tidak terjadi pembuahan.

Penggunaan kondom cukup aman dan efektif sebagai alat pencegahan kehamilan, selama kondom digunakan secara tepat dan benar.

Jadi kegagalan kondom dapat diperkecil dengan mengetahui bagaimana menggunakan kondom dengan cara benar.

Penggunaan kondom yang baik yaitu gunakanlah kondom pada saat penis ereksi dan lepaskan pada saat ejakulasi terjadi dan sewaktu ejakulasi terjadi sebaiknya tidak melakukan tekanan lagi yang dapat menyebabkan perembesan sperma.

Kegagalan biasanya terjadi bila kondom robek karena kurang hati-hati atau karena tekanan pada saat ejakulasi sehingga terjadi perembesan dari sperma.

Efek samping dari kondom adalah bila terdapat alergi terhadap karet kondom.

Keuntungan lain dari kondom dapat dibeli secara bebas diapotik-apotik, dan mudah digunakan dan kondom juga memperkecil penularan penyakit kelamin.

Penggunaan kondom akan lebih efektif bila digunakan bersama dengan spermasida ( senyawa kimia terdapat dalam bentuk jeli, tablet vagina, kream, busa vaginal yang berfungsi membunuh sperma.)

Jadi Kondom tetap cukup efektif dan aman sebagai salah satu metode KB , selama anda menggunakannnya dengan cara yang tepat dan benar.

Ada beberapa metode KB atau kontrasepsi lainnya yang sebaiknya juga anda ketahui, sehingga anda dapat memilih kontrasepsi apa yang cocok dan terbaik untuk anda.

Sumber: infoibu.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s