Tips Sukses Menjadi Mahasiswa IT (2 dari 7 tips)

Berikut adalah tips ke-2 dari tips pertama mengenai tips sukses menjadi mahasiswa IT. Enjoy it!!

* MOTHERBOARD SAMPAI WORD *

Ini wajib mesti kalian lakukan. Karena mau tidak mau, suka tidak suka kiat no. 2 ini mesti kalian lakukan. Kalian harus mengetahui apa-apa saja yang ada di dalam komputer itu sendiri. Entah itu yang disebut dengan motherboard, processor, hardisk, floopy, mouse, keyboard dan lain sebagainya.

Untuk mengetahui apa itu motherboard, processor dan yang lainnya, tentu bukan hal yang sulit untuk dicari jawabannya. Informasi tersebut, kalian bisa dapatkan dengan bertanya pada teman-teman kalian yang lebih dulu mengetahuinya, dosen kalian, majalah atau kalau ingin lebih mudah bisa kalian search di internet dengan menggunakan fasilitas mesin pencari seperti Google atau Yahoo. Disana kalian akan mendapatkan begitu banyak sumber informasi mengenai apakah yang dimaksud dengan motherboard, hardisk dan lain-lain ditambah informasi kegunaannya untuk apa. Nah jika kalian telah mengetahui kegunaannya untuk apa, jangan lupa untuk kutak-katik komputer kalian dan lihat isi dari komputer itu, apakah komponen-komponen hardware yang dimaksud, ada di dalam CPU atau tidak. Jadi kalian bisa melihat langsung antara pembelajaran teori serta prakteknya juga demikian adanya. Tapi, jika kalian ingin lebih mahir lagi, penulis sarankan juga memulai untuk belajar merakit komponen-komponen hardware serta belajar meng-instal-nya seperti apa. Itu bisa kalian lakukan sendiri, teman kelompok dan  didampingi oleh seseorang yang telah berpengalaman untuk merakit komputer serta tetek bengek urusan buat meng-install sistem operasinya.

Selain mengetahui hardware pada komputer, kalian juga harus cukup ahli untuk mengoperasikan beberapa software umum pada komputer. Contoh paling umum adalah, kalian mesti menguasai Microsoft Office atau Open Office, sebagai dasar untuk kalian mengolah data, entah itu untuk mengetik, menghitung, ataupun untuk layout presentasi. Selama kuliah tentu akan mengerjakan begitu banyak tugas, paper, bahkan pada saat skripsi. Tentu software yang satu ini akan sangat membantu kalian dalam mengerjakannya.

Lalu bagaimana dengan software yang lain? Apakah perlu dipelajari? Oh tentu. e-tipsbali malah menyarankan jika kalian melahap segala macam program software komputer untuk dicoba dan dipelajari. Jika kalian menyukai untuk mengolah gambar, kenapa tidak mencoba program seperti Photoshop, Corel, Fireworks. Tentu selain agar kalian lebih terampil dalam menguasai utilitas yang dimiliki komputer, hal ini akan menambah rasa suka kalian kepada kemampuan komputer tersebut. Ya…paling tidak dari kalian mencoba-coba software tersebut, kalian bisa menentukan bidang apa yang kalian sukai, entah kalian ingin mendalami programming, desain atau yang lainnya

One response to “Tips Sukses Menjadi Mahasiswa IT (2 dari 7 tips)

  1. uraiannya sangat tepat…semangat belajar nih…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s