Tips Sukses Menjadi Mahasiswa IT (4 dari 7 tips)

* ALGORITMA dan SQL *

Ups…kita sudah mulai memasuki hal-hal yang berbau teknis dalam pembelajaran IT. Mudah-mudahan kalian tidak alergi atau melewati begitu saja kiat no. 4 ini. Mungkin kalian bertanya, apa sih algoritma dan SQL itu. Buat kawan-kawan angkatan lawas tentu sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan algoritma dan SQL. Dan bagi kawan-kawan yang baru angkatan pertama, tentu masih sangat asing dengan kedua kata ini. Nah pada kesempatan ini, saya coba bertanya deh bagi kawan-kawan mahasiswa yang sudah angkatan lawas, dan memutuskan untuk menjadi seorang programmer, algoritma dan SQL itu penting ga bagi kalian?

Algoritma itu secara harfiah berarti urutan atau langkah-langkah untuk memecahkan masalah atau urutan logis untuk mengambil keputusan untuk memecahkan masalah. Kegunaan dari algoritma dibutuhkan untuk memerintah komputer untuk mengambil langkah-langkah logis dalam menyelesaikan masalah. Penulisan algoritma dapat dengan beberapa cara yaitu seperti flowchart atau diagram alir yaitu bahasa secara visual  tetapi sulit diterapkan bilamana algoritma sangat panjang. Atau bisa juga dengan cara pseudo-code yang menekankan penulisan sedikit lebih dekat pada bahasa pemograman, namun kelemahannya adalah sulit dimengerti oleh orang yang tidak mengerti bahasa pemograman. (uda mulai bingung ya?).J

Sedangkan SQL dan biasa dibaca sequel merupakan kependekan dari Structured Query Language yaitu bahasa yang dirancang khusus untuk komunikasi dengan database. Tidak seperti bahasa-bahasa lainnya (seperti bahasa C, basic, pascal atau bahasa pemprograman yang lain) Bahasa SQL sengaja di rancang untuk melakukan hal secara sederhana dan efisien untuk membaca dan menulis data dari suatu database.

Manfaat dari SQL antara lain :

SQL bukanlah bahasa kepemilikan yang digunakan oleh vendor database perorangan. Hampir semua database besar mendukung SQL, sehingga dengan mempelajari bahasa SQL, anda dapat berinteraksi dengan hampir seluruh database besar yang beredar seperti Ms. SQL server, Oracle, Ms. Access, atau MySQL. SQL mudah dipelajari, karena semua statement dibuat berdasarkan kata-kata dalam bahasa Inggris yang umum. SQL benar-benar suatu bahasa yang kuat, dan dengan kepandaian menggunakan unsur-unsur bahasa tersebut, kalian dapat melakukan pengoperasian database yang kompleks dan sulit.

Bagi kawan-kawan calon programmer tentu pemahaman akan algoritma dan SQL merupakan faktor fundamental yang harus dikuasai. Malah penulis pernah mengobrol dengan seorang kawan yang begitu jago membuat program komputer mengatakan, apapun bahasa pemograman yang digunakan (Delphi, VB, Gambas) sebenarnya tidak masalah. Orang yang tidak bisa membuat sebuah program kadang terhambat pada proses pemahaman algoritma masalah yang akan coba dicari solusinya dan diaplikasikan dalam sebuah program. Jadi secara tidak langsung, algoritma merupakan alur atau jalan cerita untuk menentukan proses programingnya. Jadi apapun software pemogramannya, selama dia memahami konsep algoritma, maka hampir dipastikan Kalian dapat membuat sebuah program komputer. Jadi ibarat iklan, apapun makanannya, minumnya tetap….(hehehe…dilanjutkan sendiri).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s